16 TIPS UNTUK MENJADI SEORANG JAWARA CATUR

Comment

Chess Champion

Semua orang tentu ingin tahu bagaimana caranya meningkatkan kemampuan dalam bermain catur. Namun jika anda ingin menjadi seorang jawara catur maka anda harus terlebih dahulu mengambil banyak pelajaran dan banyak latihan. Berikut ini adalah 16 tips untuk menjadi seorang jawara catur, diantaranya adalah :

1. Bermain dengan serius dan selalu meninjau permainan anda

Anda harus bisa menganalisis permainan anda sendiri.

2. Latihan untuk membuat taktik

Inti dari permainan catur adalah 80 % berisikan taktik.

3. Anda harus belajar terbuka ketika dikritik perihal permainan anda

Dengarkanlah saran dari pelatih anda terutama dalam hal analisis. Cobalah untuk tidak bersikap defensif dan hanya menerima bahwa terdapat perspektif yang berbeda. Peran pelatih disini adalah membantu anda dengan menunjukkan titik kesalahan anda.

Jika anda tidak memiliki pelatih, cobalah untuk mengkritik pola permainan anda sendiri. Ketika kesalahan terjadi maka anda harus bertanggung jawab. Hal ini akan membantu kinerja anda kedepannya.

4. Gunakan semua bidak anda

Setelah berhasil mengembangkan pola permainan, gunakan semua bidak anda untuk meraih hasil yang baik. Anda harus bisa menggunakan bidak-bidak anda secara bijaksana dalam melakukan serangan.

5. Meminta saran dari pemain catur yang lebih baik

Anda bisa saja bertanya kepada mereka seperti ini, “Apa bacaan favorit anda sehingga dapat bermain catur dengan handal?” atau “Mengapa pola permainan saya terlihat buruk diawal dan diakhir permainan?”.

6. Agresif dan inisiatif

Terkadang kita harus mengikuti naluri kita dan terkadang harus melawannya. Jika anda sedikit ragu maka anda harus mendorong diri sendiri untuk melakukan serangan. Jika posisi lawan terlihat tidak mengancam maka ini adalah kesempatan yang bagus untuk memulai serangan.

7. Mempelajari gerakan bidak catur

Setiap bidak dalam catur hanya dapat bergerak dengan cara tertentu. Misalnya, pion dapat bergerak lurus ke depan dan hanya dapat menyerang dari arah sudut, satu persegi dalam satu waktu. Langkah sebuah kuda adalah berbentuk L. Peluncur bergerak pada setiap sudut tetapi dapat bergerak lebih dari satu persegi dalam satu waktu.

Benteng dapat bergerak hanya dalam garis lurus untuk maju, belakang atau ke samping. Ratu merupakan bidak terkuat dalam catur karena ia dapat bergerak ke segala arah di sejumlah kotak, tetapi tidak dua arah dalam satu gerakan. Dan raja dapat bergerak dengan langkah yang agung, raja harus bergerak satu persegi di segala arah dalam satu waktu.

8. Membuka jalan dengan pion

Pindahkan pion di depan raja atau ratu dua kotak ke depan (pada awal langkahnya, pion dapat bergerak dua kotak). Hal ini akan membuka jalur untuk peluncur anda dan ratu sehingga mereka bisa masuk ke dalam permainan. Para menteri tersebut dapat bergerak di tiap sudut dan tidak bisa maju ke medan pertempuran jika pion tidak berjalan ke depan terlebih dahulu.

9. Mengeluarkan kuda dan peluncur

Sebelum anda menggerakkan ratu, benteng dan raja, pertama-tama saya sarankan anda memindahkan kuda dan peluncur terlebih dahulu menuju tengah papan. Anda harus menempatkan kedua bidak ini keluar dari tempat asalnya agar para menteri lainnya dapat menyerang.

10. Perhatikan setiap langkahmu

Ingat selalu poin ini. Saat anda mendapatkan giliran, anda harus selalu berpikir di dalam hati seperti ini, “Apa yang akan dilakukan lawan saya di langkah berikutnya? Jalan apakah yang nanti akan dia ambil?”. Apakah dia telah meletakkan sebuah perangkap untuk menangkap bidak anda? Anda harus bisa memutuskan rencana selanjutnya dan selalu melihat segala kemungkinan yang ada.

Lihatlah pergerakan yang dapat menangkap bidak lawan ataupun yang dapat mengancam posisi rajanya. Tetapi anda harus selalu memeriksa sebelum menggerakan bidak anda sehingga tidak terjadi ‘blunder’. Tanyakan pada diri sendiri, “Apakah saya telah meninggalkan sebuah bidak yang tidak dilindungi?”.

11. Jangan membuang-buang waktu

Jangan membuat terlalu banyak pergerakan pada bidak anda atau mencoba untuk memilih dari bidak lawan.

12. Membuat ‘blokade’ lebih awal

‘Blokade’ adalah langkah yang memungkinkan anda untuk memindahkan raja demi keselamatan dengan menukar posisi dengan benteng ke dalam permainan. Setelah semua kotak diantara benteng dan raja telah kosong, maka anda dapat memindahkan posisi raja sebanyak 2 kota menukar posisi benteng dan benteng tersebut bergerak ke sebelah sisi raja.

Jika lawan lalai dalam menggunakan ‘Blokade’ maka anda bisa langsung melancarkan serangan terhadap rajanya. Ini adalah satu-satunya langkah yang dapat dilakukan sekali ketika pemain tersebut mendapatkan giliran.

13. Melancarkan serangan di “pertengahan permainan”

Setelah anda membawa semua kuda dan peluncur ke dalam permainan dan melakukan “Blokade” (ini adalah cara untuk ‘membuka’ jalan), maka permainan tengah dimulai. Didalam permainan tengah, anda harus selalu waspada dan harus sigap untuk menangkap bidak lawan.

Anda harus ingat seperti mengambil setiap bidak lawan yang tidak dilindungi. Tetapi sebelum diambil, anda harus bisa melihat apa yang akan terjadi selanjutnya ketika anda mengambil bidak tersebut, apakah ketika anda mengambil bidak tersebut akan membuat suatu ‘kesalahan fatal’? Anda harus selalu mencari cara terbaik untuk memindahkan para bidak ke dalam posisi menyerang raja lawan.

14. Kehilangan bidak secara bijaksana

Anda akan mengambil beberapa bidak lawan dan beberapa bidak anda akan diambil oleh lawan. Anda harus mencari tahu apakah langkah menukar bidak tersebut termasuk rugi atau untung. Gunakan poin-poin ini untuk mencari tahu apakah anda telah membuat suatu langkah yang baik jika anda kehilangan salah satu dari mereka :

– Ratu : 9 poin

– Benteng : 5 poin

– Peluncur : 3 poin

– Kuda : 3 poin

– Pion : 1 poin

Jadi, apakah menurut anda kehilangan sebuah peluncur untuk menukar pion adalah sebuah ide yang bagus? Tentu tidak.

15. Jangan bermain terlalu cepat

Jika anda ingin membuat sebuah langkah yang baik maka anda harus mencari jalan yang baik pula. Berpikir dengan sabar adalah kunci kesuksesan untuk memenangkan permainan catur.

16. Memenangkan ‘end game’

Ketika anda dan lawan telah menyisakan beberapa bidak catur diatas papan catur, maka ‘end game’ akan dimulai. Dalam posisi ini, peran pion menjadi sangat penting. Jika anda berhasil memajukan pion ke baris paling ujung dalam papan maka ia dapat menjadi ratu.

Itu adalah sebuah kesuksesan yang besar!! Biarkan raja anda turut menyerang lawan juga, selama ia tetap dapat keluar dari jangkauan musuh. Rajamu dikatakan ‘skak’ ketika lawan telah mengancam posisinya dengan menggunakan salah satu dari bidaknya untuk menangkap raja pada langkah selanjutnya.

Jika raja anda berada di posisi ‘skak’ dan anda tidak memiliki cara untuk menghilangkan ancaman tersebut, tidak bisa lari, tidak dapat menangkap bidak lawan yang melakukan ‘skak’ serta tidak dapat memblokir ‘skak’ dengan memindahkan salah satu bidak anda sendiri maka anda dianggap kalah. Skakmat! Jika anda berhasil men”skakmat” lawan terlebih dahulu sebelum mereka melakukannya, maka anda menang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *